nightangel


udah bulan november tapi masih kemarau aja, padahal mestinya musim ujan mulai 2 bulan yg lalu. belum lagi panas yg luar biasa, berangkat kerja panas, males makan siang diluar krn panas nya minta ampun, sampe rumah pun udaranya masih gerah.
ini efek GLOBAL WARMING!!

masih ngga percaya?
pemanasan global itu bukan cuma isapan jempol belaka tp fakta yg sedang terjadi SAAT INI, bumi menua sebelum usia nya ibarat perempuan umur 25 tapi mukanya udah berkerut2 kyk umur 50thn.

di kutub utara, es mencair sampe daratan yg biasanya tertutup salju sekarang bisa dilihat jelas, bersih tanpa salju.
warga dea di cina mandi, cuci baju, mck pakai air yg sama karena persediaan air terbatas.
di sumatra, warga diserang beruang dan harimau hutan habitat mereka dibabat habis oleh manusia sehingga binatang buas yg seharusnya tinggal di hutan bebas berkeliaran ke perkampungan warga.
di jakarta..? biasa ngerasain kan hawa pans yg meningkat drastis dalam jangka waktu 1 tahun?musim kering berkepanjangan, dan banjir yg semakin tinggi tiap tahun. jangan slahkan pemerintah! hal itu terjadi karena kita -makhluk2 egois. bumi ini bukan cuma kita yg nempatin tp anak2 kita nanti, generasi berikutnya.

dan kita semua bisa memperlambat datangnya penuaan dini bumi ini lhoo..with simple things, ngga keluar extra energi apalagi extra biaya. CARANYA antara lain:
- kalo ngga perlu banget naik kendaraan pribadi, ngangkot atau jalan kaki aja
- lebih baik belanja di tukang sayur krn pemakaian plastiknya lebih sedikit dibanding supermarket. buktikan sendiri! kalo belanja sayur sop di tukang sayur, semua sayur dibungkus di 1 plastik lalu ayam nya dipisah di plastik lain.
nah kalo belanja di supermarket, kentang dibungkus di plastik sendiri, bawang di plastik lain, ayam di plastik lain. dan plastik yg buat bungkus sayur itu ga bisa di recycle.
- kalau harus belanja di supermarket pakai kantong yg bisa di recycle itu yg ijo2 biasanya, cuma 2 ribu perak! abis itu bawa terus kantong nya tiap kali belanja, hal ini ga malu2in koq, dan ga merugikan supermarket krn mereka ga harus ngeluarin banyak plastik.
- sering beli dvd bajakan di ambassador" bilang ke mbak2 nya, ga usah diplastikin! kalo cuma beli 1-2 kan bisa ditenteng ato diselipin di belanjaan lain
- jangan mau makan di restoran yg menyuguhkan makanan pakai storyfoam (ga tau spelling nya) atau kardus. macam ayam aja! makan di resto yg menghidangkan makanan pakai piring! sejauh ini di kalangan fastfood cuma ada 1 tuh yg begitu. yg lai kardusss semua
- dikantor nge-print dokumen bolak-balik aja atau pake kertas bekas. ga bakal diomelin bos krn selain hemat kertas si bos juga seneng itung2 ngirit budget buat bli kertas
- buat yg sering curhat di diary, mulai sekarang pindah ke hp aja deeh..kan dah banyak tuh hp yg bisa buat note pad atau bikin blog aja kyk gini aja.
- ngirit kertas = melestarikan pohon supaya ga ditebang. daripada jadi kertas buat dicoret2 kan mendingan jd penghasil oksigen buat kita napas, tempat ngadem kalo panas, buat nyerap air hujan biar ga banjir
- kalo lagi flu lebih baik pakai sapu tangan drpd tisu
- ganti tisu toilet dengan tisu yg lebih kasar krn tisu yg haluuuusss bgt dan biasanya lebih mahal itu mengorbankan lebih banyak pohon
- mandi lebih baik pakai shower drpd gayung, toilet yg ada flush nya juga lebih irit drpd wc jongkok. memang mahal waktu beli tp jauh lebih irit air selama pemakaian
- kalo lg cuci tangan di keran/washtafel matiin dong airnya waktu lg pake sabun atau pas lg gosok gigi. jangan biarkan air mengalir percuma. kalo udah ga ada air baru tau rasa!
- mau pulang kantor jangan lupa matiin komputer
- dirumah matiin lampu selama ruangan ga terpakai
- ac juga jangan nyala seharian. ac tuh kalo nyala bukan cuma boros listrik nya tp freon nya bikin bumi tambah panas
- cabut charger hp kalau batre nya udah penuh.ini kebiasaan berjuta2 org yg entah kenapa susah bgt dihilangkan. tinggal nyabut doang!
- semua alat elektronik yg dalam keadaan standby atau mati tp masih tercolok di saklar itu masih mengkonsumsi listrik, jd lebih baik di shut down atau cabut dr colokannya.
- buat yg seneng pakai hair spray, please deeehh.. pake gel aja! obat nyamuk spray, deodoran semprot itu semua berkontribusi membolongi lapisan ozon

hal2 kecil kyk diatas td kalo mulai hari ini dilakukan lama2 akan jadi kebiasaan baik yg pasti bisa memperkecil efek pemanasan global.
jadi suatu hari nanti kita ga perlu repot2 payungan di musim kemarau, ga mesti ngurusin banjir di musim ujan, dan generasi setelah kita masih bisa ngerasain udara segar dan hidup layak.

planet lain tuh belom bisa dijadikan tempat tinggal lhoo.. jadi (amit2) kalo bumi ini hari ini udah rusak mau hidup dimana lg?
so, spread the word and ACT NOW!
these are small acts for big effect
0 Responses

Post a Comment